Salah satu teknik untuk meningkatkan konversi penjualan adalah memberikan diskon
kepada prospek. Sayang sebagian marketer masih sedikit menerapkan
teknik ini, bahkan sebagian merekan merasa “gengsi” ketika menggunakan
cara ini, entah karena malu atau merasa takut pamornya akan turun.
Padahal jika mereka menganalisa lebih dalam, memberikan diskon bisa memberikan banyak keuntungan baik itu dari pihak penjual maupun pembeli.
“Lho, bukannya ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai produk ?
” Bagaimana kalau posisi kita sebagai affiliate ?”
Tentu saja sama saja, Anda bisa memangkas komisi affiliate Anda untuk selanjutnya Anda berikan diskon kepada prospek Anda.
Berikut manfaat memberikan diskon kepada prospek :
# Potensi Penjualan Lebih Besar
Tak dapat dipungkiri bahwa dengan meberikan diskon kepada prospek bisa menaikkan potensi terjadinya penjualan daripada Anda hanya memberikan harga normal.
Si Prospek berfikir bahwa kenapa harus membeli lebih mahal kalau yang
diskon ada. Jika Anda menengok di Mall atau toko-toko buku, maka Anda
akan mendapatkan beberapa replika atau spanduk yang memberikan diskon
kepada calon konsumennya.
Tentu saja ini juga akan mempengaruhi konsumen untuk berpaling ke
toko-toko yang menawarkan diskon tersebut sekaligus menancapkan di alam
bawah sadar mereka bahwa toko-toko tersebut memberikan nilai lebih,
dimana kemungkinan untuk terjadi penjualan kembali (penjualan ulang) ke
prospek tersebut juga semakin besar yang artinya Anda telah membuat faktor kali secara tidak langsung yang merupakan salah satu kunci suksesnya marketing.
# Membantu dan Memperingan Beban Prospek
Tidak semua prospek Anda adalah orang yang berkecukupan, ada yang
berekonomi pas-pasan bahkan tidak sedikit yang kekurangan di mana harga
menjadi suatu pertimbangan. Berbeda halnya jika prospek Anda adalah
orang berkecukupan, di mana harga bagi mereka bukan menjadi suatu
persoalan.
Apalagi produk yang Anda tawarkan adalah produk seputar “Bisnis internet secara otomatis ban hemat jam kerja“, tentu bagi mereka khusunya yang berekonomi lemah merupakan peluang yang sangat menggiurkan.
Nah, dengan adanya diskon ini, secara tidak langsung Anda telah membantu dan meringankan beban mereka. Tentu saja dengan cara seperti ini juga akan membuat bisnis anda berjalan lebih awet dan otomatis
karena Anda telah mendapat kepercayaan dari prospek tersebut bahwa Anda
adalah rekan bisnis yang baik karena telah membantu memperingan
beban-Nya.
# Meningkatkan Relasi dan Melipatgandakan Penghasilan
Seperti saya singgung di awal tulisan ini bahwa sebagaian marketer
merasa gengsi, malu atau takut pamor mereka akan meredup dengan
memberikan diskon ini, kalau saya katakan justru sebaliknya, akan sangat
menguntungkan.
Dengan syarat….Selama diskon yang Anda tawarkan bisa menguntungkan kedua belah pihak dan yang tak kalah penting adalah produk yang anda tawarkan benar-benar memberikan manfaat bagi mereka.
Studi kasus seperti ini juga yang saya terapkan ketika memenangi kontes affiliate marketing Dhini Shanti, di mana banyak prospek yang membeli kepada saya dari pada orang dikarenakan saya memberikan nilai lebih dibanding pesaing, bahkan beberapa prospek menjadi langganan setia ketika membeli produk-produk lain yang saya pasarkan.
Bukankah ini melipatgandakan penghasilan ? Yang tak kalah penting
adalah terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan, mereka menganggap
Anda adalah negosiator yang ulung dan baik.
Kalau owner saja memberikan diskon untuk meningkatkan konversi, kenapa Anda sebagai affiliate marketer tidak mengikutiya !
Kalau pemain besar seperti Gramedia, Toga Mas dan mereka yang
berhasil dengan memberikan diskon kenapa Anda sebagai pemain kecil tidak
menirunya !
Bagaimana dengan Anda ?
Sudahkan Anda memberikan diskon kepada prospek Anda ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar