Supaya kegiatan internet marketing Anda bisa berjalan tepat pada sasarannya, maka Anda perlu menerapkan strategi marketing yang benar dan tepat.
Strategi marketing yang benar dan tepat bisa disebut berhasil jika
strategi tersebut mampu “menjinakkan” hati konsumen untuk takluk kepada
penawaran Anda.
Sebagai seorang marketer tentunya Anda tentunya mempunyai resep
masing-masing bagaimana menaklukkan hati konsumen agar mau membeli
produk yang Anda tawarkan.
Namun bila Anda belum memiliki resep dan strategi marketing
tersebut….Baiklah saya akan membeberkannya untuk Anda, apa saja itu ?
Simak ulasan berikut ini:
1. Strategi Produk
Sebelum Anda memasarkan lebih jauh, sebaiknya Anda perlu mengetahui produk yang akan Anda pasarkan, kepada siapa produk tersebut akan Anda pasarkan dan kemana Anda harus memasarkan produk tersebut.
Itulah beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab, karena meskipun
Anda mempunyai produk sebagus apapun kalau konsumen tersebut tidak
menghendakinya, maka dipastikan produk Anda tidak laku. Begitupula
dengan penentuan wilayah target marketing Anda.
Untuk itulah hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menerapkan strategi marketing produk ini adalah fokus terhadap apa yang sedang dibutuhkan calon konsumen, bukannya hanya memikirkan produk sendiri dengan sudut pandang kacamata Anda.
2. Nilai Tambah Produk
Setelah Anda mengenali produk Anda, selanjutnya adalah tonjolkan nilai lebih produk Anda, tentunya harus lebih baik dibanding pesaing.
Kalaupun yang Anda jual adalah jasa, tentunya layanan jasa Anda harus memiliki service yang
lebih baik dibanding pesaing, semakin tinggi nilai tambah yang Anda
berikan, semakin tinggi pula potensi tingkat terjadinya penjualan.
Anda juga bisa memberikan bonus yang sekiranya bisa menaikkan
konversi, biasanya produk bonus ini produk yang masih relevan dengan
produk utama Anda.
3. Sales Letter yang menjual
Sales letter merupakan komponen yang tak kalah penting dalam
menentukan sukses gagalnya kegiatan internet marketing, karena dari sini
konsumen akan menilai dan mengetahui gambaran umum produk yang Anda
pasarkan.
Di sinilah kemampuan Anda sangat dibutuhkan dalam kaitannya mempengaruhi prospek lewat sales letter yang Anda presentasikan, namun demikian Anda tetap harus menjaga etika bahasa marketing yang Anda gunakan dengan tidak berdusta dan tetap menjaga etika agar kelak konsumen tidak merasa tertipu sesuai janji pada sales letter Anda.
Kalau Anda kesulitan membuat sales letter sendiri, Anda juga bisa sewa seorang copywriter yang sekarang banyak orang yang menjual jasa seperti ini, jika Anda seorang Affiliate Anda juga bisa menggunakan artikel marketing tentunya yang menjual.
4. Penentuan Harga
Harga merupakan pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah produk,
semakin harga yang Anda berikan miring, semakin membuat konsumen
melirik produk Anda, tentunya Anda juga harus bisa menyesuaikan dengan
kualitas produk yang Anda pasarkan.
Bisa saja Anda memberikan harga diskon kepada prospek tersebut atau harga Anda tetap normal asal kualitas produk tetap menonjol daripada yang lain.
5. Cara Promosi
Ada beberapa teknik dan cara promosi di internet yang bisa Anda gunakan, tinggal sesuaikan saja dengan kondisi Anda seperti budget, target market, efektifitas dan efesiensi.
Kalau budget Anda memadai, Anda bisa pilih iklan jalur cepat seperti
iklan PPC Google Adwords, kalau yang lokal bisa KlikSaya.Com,
KumpulBlogger.Com, Adsensecamp.com dll.
Namun sebaliknya jika budget Anda mimim, bisa pilih jalur lambat tapi
juga tidak kalah efektif dan yang saya maksud di sini adalah search engine optimization (SEO).
Teknik ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan
dibutuhkan kesabaran untuk menggunakannya, namun jika Anda bisa berhasil
menerapkan teknik ini, atau setidaknya bisa masuk TOP 10 Google
di keyword yang Anda targetkan, maka sudah bisa dipastikan penjualan
Anda juga ikut melonjak, bahkan bisa menjadi promosi gratis karena Anda
sudah tidak memerlukan biaya promosi lagi dan Google bisa menjadi
pelayan setia memberikan kepada Anda traffik secara cuma-cuma.
Menarik bukan ?
Mungkin cukup itu dulu beberapa strategi marketing yang bisa saya paparkan, silahkan jika mau langsung dipraktekkan sesuai bidang bisnis yang Anda geluti, semoga berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar