Kamis, 29 November 2012

4 Cara Menonaktifkan Kolom Komentar Di WordPress

              Sebel dengan isi kolom komentar blog WordPress Anda yang penuh SPAM ?
Mau menonaktifkan semua kolom komentar sekaligus tanpa perlu ribet harus centang satu persatu dalam setiap postingan Anda ?
Tenang saja Kawan, karena Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.
Bermula dari banyaknya SPAM yang menyerang web iklan baris saya tepatnya  yang pada waktu itu belum sempat saya disable kolom komentarnya yang pada akhirnya hanya menjadi sampah di hosting, apalagi kian hari semakin membludak jumlahnya.
Tak kuasa menghadang serangan SPAM tersebut akhirnya saya berinisiatif menonaktifkan kolom komentar kedua web iklan baris tersebut. Perlu diketahui, bahwa kedua web iklan baris tersebut menggunakan engine blog WordPress yang sudah tentu memiliki fitur adanya komentar disetiap postingan (iklan) terbarunya.
Memang ada berbagai cara untuk menonkatifkan kolom komentar di WordPress. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
1. Unchecklist allow comments di setiap artikel (postingan)
Cara ini cocok bila Anda hanya berniat menonaktifkan kolom komentar postingan tertentu. Unchecklist Allow comments ini bisa Anda temukan di Dashboard setiap kali Anda mau menulis artikel baru, tepatnya di bawah area tempat Anda menulis.
2. Unchecklist allow people to post comments on new articles
Unchecklist ini bisa Anda jumpai di Setting menu Discussion Dashboard WordPress Anda. Dengan tanpa mencentang ini semua kolom komentar akan ditiadakan. Saya sendiri ketika menggunakan fungsi ini masih belum bisa, entah itu karena ada masalah dengan Themes yang saya gunakan atau yang lain.
3. Menambahkan kode pada theme functions (functions.php)
Cara ini digunakan oleh sebagian para Blogger, yakni menambahkan beberapa kode di theme functions (functions.php) dengan menyisipkan kode berikut:
add_filter('comment_text', 'wp_filter_nohtml_kses');
add_filter('comment_text_rss', 'wp_filter_nohtml_kses');
add_filter('comment_excerpt', 'wp_filter_nohtml_kses');
Lebih tepatnya diletakkan di atas sendiri setelah script <?php pada functions.php. Saya sendiri ketika mencoba menambahkan kode tersebut hasilnya juga sama dengan sebelumnya, belum berhasil juga alias tetap seperti semula (kolom komentar masih nongol).
4. Menghapus kode
Tiada rotan akarpun jadi. Setelah ngoprek sana ngoprek sini belum berhasil-berhasil, akhirnya pilihan terakhir jatuh dengan menghapus kode <?php comments_template(); ?> yang ada pada script Single Post (single.php) pada template yang digunakan. Dan Alhamdulillah akhirnya berhasil juga.
Tentu saja cara-cara di atas adalah sebagian kecil bagaimana menonaktifkan kolom komentar di WordPress. Untuk engine lain seperti Blogspot atau Anda ingin menambahkan selain cara-cara di atas, silahkan Anda sharingkan dengan mengisi komentar yang telah disediakan
Baik, mudah-mudahan bermanfaat.

2 komentar:

SoftDown32 mengatakan...

Ok makasi boz untuk bantuannya.

Burhan Arifin mengatakan...

kalau tanpa kode bisa gak gan?