Rabu, 28 November 2012

4 Pondasi Dasar Dalam Bisnis internet

         Semua bisnis internet yang bagus dan berhasil selalu ditunjang dengan infrastruktur dan sistem bisnis yang kokoh. Meskipun ada berbagai sistem dan cara bisnis di internet, setidaknya ada 4 komponen dasar yang selalu menjadi pondasinya.
Mungkin sebelumnya Anda sudah tidak asing lagi dengan sistem bisnis milik bapak Joko Susilo formula bisnis dengan konsep SMUO-Nya yang berarti sistem mesin uang otomatis.
Konsep itulah yang sampai saat ini membuat produk Formulabisnis.com berdiri kokoh disaat bisnis-bisnis lainnya pada bertumbangan. Perlu diketahui bahwa Formula Bisnis telah berdiri sejak 2001 atau kurang lebih telah berusia 9 tahunan.
       Sungguh suatu waktu yang sangat panjang untuk suatu ukuran bisnis internet, padahal tidak sedikit para pesaingnya yang belum genap berumur setahun sudah gulung tikar dini.
Ini menunjukkan bahwa konsep sistem bisnis SMUO khusunya Formula bisnis benar-benar teruji. Konsep ini pula yang telah mencetak jutawan-jutawan baru di internet sehingga keampuhan dan kedahsyatan konsep dan sistem bisnis ini sudah tidak diragukan lagi.
Daripada panjang lebar, apa saja komponen 4 sistem bisnis tersebut ?
Jika sistem bisnis SMUO hanya di sebutkan 3 komponen saja dalam membangun bisnis di internet, maka perlu saya tambahkan 1 lagi menjadi 4, apa saja :
1. Produk
Apapun yang ingin Anda pasarkan baik di bisnis internet maupun bisnis konvensional, Anda membutuhkan produk untuk di jual, baik itu produk sendiri maupun produk orang lain (program reseller).
Begitupula mengenai macam produk, bisa berupa produk fisik maupun nonfisik. Produk fisik bisa berupa komputer, handphone, laptop dan sebagainya. Sedang produk yang populer di jual di internet adalah nonfisik (digital) seperti software, script, domain, hosting, ebook dan lain-lain.
Produk-produk ini sangat banyak digemari oleh internet marketer selain mudah pengirimannya juga biaya operasional yang dibutuhkan sangat terjangkau dibanding yang nonfisik.
2. Website
Komponen sistem bisnis kedua adalah website. Setelah Anda mempunyai produk, Anda membutuhkan tempat untuk memajang produk dan jasa Anda. Kalau di bisnis offline bisa di ibaratkan dengan Toko, Showroom dan sejenisnya. Sedang dalam bisnis internet tempat-tempat pemajang produk tersebut adalah website maupun blog.
Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu website, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara pembuatan website itu sendiri, saya telah meyediakan homepage sendiri di www.membuatwebsite.kuncimarketing.com.
3. Traffik (Pengujung)
Sebagus apapun produk bisnis dan toko online (website) Anda..jika tidak ada yang mengetahui keberadaannya, maka akan menjadi si-sia belaka. Untuk itu Anda membutuhkan pengunjung agar produk yang anda jual laku.
Ada berbagai teknik dan cara promosi di internet untuk mendatangkan pengunjung, bisa pasang iklan gratis, kirim email, beriklan di milis dan sebagainya.
Namun dari sekian banyak cara promosi diatas, ada satu teknik yang sudah teruji dan tidak di ragukan lagi keampuhannya, teknik tersebut dinamakan SEO (searchengine optimization). Saya sangat merekomendasikan cara ini jika anda menginginkan kegiatan internet marketing anda berjalan awet.
4. Konversi (Nilai Tambah)
Produk telah ada, website juga sangat bagus dan pengunjung sudah mulai berdatangan dari berbagai macam penjuru dengan menerapkan beberapa macam promosi di atas.
Sekarang pertanyaannya adalah apakah semua pengunjung yang telah datang tadi benar-benar menginginkan produk dan jasa yang kita jual ?
Di sinilah konversi berperan, dalam bahasa internet marketing-nya lazim di sebut CTR (conversion rate), yakni tingkat kunjungan seseorang dengan tingkat tindakannya melakukan action (pembelian produk/jasa) kita.
Banyak cara dilakukan internet marketer untuk meningkatkan CTR-Nya, beberapa di antaranya adalah memberikan jaminan keamanan alias GARANSI, bisa juga menambahkan testimoni-testimoni dan juga bukti-bukti yang bisa memperkuat dan menunjukkan bahwa produk dan jasa yang kita tawarkan benar-benar bagus.
Baik, sampai di sini dulu artikel untuk topik 4 komponen utama sistem bisnis internetnya, nantikan artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar: